Kepedulian Terhadap Sampah




Fenomena persampahan yang berada pada 384 kota di Indonesia, tercatat meningkat dari 80,2 juta ton/hari pada tahun 2000, menjadi 89,6 juta ton/ha pada tahun 2006. Penanganan sampah yang diangkut dan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), sebesar 10,4 %, dibakar sebesar 24,8 %, hanyut ke sungai 1,9 % dan tidak tertangani sebesar 62,9 %. Rendahnya penanganan tersebut selain disebabkan oleh semakin meningkatnya penduduk perkotaan, juga terbatasnya kendaraan pengangkut sampah, serta sistem pengelolaan TPA yang kurang tepat dan tidak ramah lingkungan.
Besarnya timbunan sampah yang belum tertangani, menyebabkan berbagai fenomena permasalahan baik langsung maupun tidak langsung bagi penduduk perkotaan. Selain menimbulkan bau dan sumber berbagai penyakit menular, juga pudarnya nilai-nilai keindahan kota karena maraknya tumpukan-tumpukan sampah.
Mengingat dampak serius yang dapat ditimbulkan akibat kelalaian dalam mengelola sampah, maka diperlukan upaya yang sistematis, terpadu, dan berkelanjutan untuk mengantisipasinya.  Rumah Cerdas Indonesia (RCI) sebagai lembaga sosial Pelopor Kepedulian, berinisiatif untuk membuat sebuah program kegiatan

yang diharapkan dapat menjadi bagian dari solusi permasalahan yang ada. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gemilang Ramadhan 1438H "Berbagi cinta dan kebahagian

Selamat Datang di Miftahudin.Id

IPEH, SANG JAGOAN MENGHAFAL