#Saverohingya


Sudahkah sampai pada kalian tentang kabar saudara kita di #rohingya?
Puluhan tahun sudah penduduk muslim Rohingya hidup terlunta-lunta dalam bayang-bayang ketakutan. Mereka tinggal di wilayah Arakan, bagian dari Rakhine- di Myanmar Barat yang berbatasan langsung dengan Bangladesh.
Orang Rohingya bukan satu-satunya kelompok etnis yang beragama muslim di Myanmar. Mereka ada yang keturunan Arab, Moor, Pathans, Moghuls, Bengali dan Indo-Mongoloid. Upaya pengusiran Muslim Rohingya dari wilayah Arakan terus dilakukan pemerinah Birma yang kini menjadi Myanmar. Ribuan Muslim Rohingya berusaha mengungsi ke sejumlah negara. Naas tak semua negara mau menerima mereka. Bangladesh, negara tetanga terdekat juga menolak memberikan suaka kepada Muslim Rohingya.
*Data Human Right Watch* menyebut antara 2012 hingga 2014 ada 300 ribu warga Muslim Rohingya terusir dari Myanmar. Tahun 2012, muncul gerakan Rohingya Elimination Group yang didalangi oleh kelompok ekstremis 969. Tak kurang dari 200 jiwa dan 140.000 warga Rohingya lainnya dipaksa tinggal di kamp-kamp konsentrasi yang tidak manusiawi.
Selama Agustus kemarin kekerasan kembali dialami Muslim Rohingya. Tak kurang sekitar 18 ribu etnis yang tidak diakui kewarganegaraannya oleh Myanmar mengungsi ke Bangladesh.
(data dikutip dari news.detik.com)
Tidak cukupkah ini menggetarkan hati kita untuk membantu saudara kita di #Rohingya?
Mari bantu mereka dengan harta yang kita miliki, serta kirimkan Doa doa disetiap sujud kita untuk #Rohingya.


APA YANG DIALAMI ETNIS ROHINGYA?
Pemerintah Myanmar berkilah bahwa etnis Rohingya (yang mayoritas muslim) adalah imigran gelap dari Bangladesh. Pemerintah Myanmar mengingkari hak kewarganegaraan etnis Rohingya, walaupun banyak data menunjukkan bahwa mereka telah menetap di sana selama beberapa generasi.
Banyak yang tinggal di kamp penampungan sementara setelah dipaksa keluar dari desa mereka oleh gelombang kekerasan komunal yang menyapu Rakhine pada tahun 2012. Mereka tinggal di salah satu negara bagian termiskin di Myanmar, dan gerakan serta akses mereka terhadap pekerjaan sangat dibatasi.
Setelah serangan militan pada bulan Oktober 2016, militer melakukan operasi pembalasan yang keras, dan banyak warga Rohingya mengatakan bahwa dalam operasi itu pasukan keamanan melakukan pemerkosaan, pembunuhan, pembakaran desa dan penyiksaan. Data dari PBB dan IOM menunjukkan, lebih dari 100.000 orang telah melarikan diri ke Bangladesh.
Badan hak asasi manusia PBB, dalam sebuah laporannya mengatakan 'kekejian tak terperi' telah terjadi di sana. PBB sekarang melakukan suatu penyelidikan resmi, walaupun pihak militer menyangkal telah melakukan tindakan-tindakan yang dituduhkan.
Selasa (26/8/2017) lalu, kepala hak asasi manusia PBB Zeid Ra'ad Al Hussein menyebut kekerasan terbaru (25/8/2017) itu sangat menyedihkan padahal, katanya, hal itu dapat diperkirakan sebelumnya dan dicegah.



APA YANG BISA KITA LAKUKAN?
Dukungan Doa
  Mohonkan doa keselamatan, kekuatandan kesejahteraan untuk saudara-saudara kita muslim Rohingya.
Dukungan Dana
  Sumbangkan sebagian harta yang kita miliki untuk membantu saudara-saudara kita muslim Rohingya. Saat ini mereka amat membutuhkan makanan, pakaian, obat-obatan, dan kebutuhan perlengkapan hidup di pengungsian lainnya.
Dukungan Suara via Sosial Media (FB, Twitter, IG, dll)
  Gemakan dukungan untuk saudara-saudara kita muslim Rohingya dalam memperjuangkan haknya untuk dapat hidup layak dan bermartabat di negeri mereka (Myanmar). Kecam kebiadaban militer Myanmar (atau siapapun) yang melakukan aksi kekerasan/kejahatan kemanusiaan apapun alasannya. Semoga dengan demikian dapat memberikan tekanan pada pemerintah Myanmar untuk dapat segera menyelesaikan konflik Rohingya secara adil dan lebih beradab.

Mari bantu mereka dengan harta yang kita miliki, serta kirimkan Doa doa disetiap sujud kita untuk #Rohingya.
Tambahkan kode unik di akhir nominal Donasi. Contoh : 100.999
Rekening Donasi :
BSM : 707 1156 685
BRI : 2136 0100 1465 539
An. Rumah Cerdas Indonesia DA
CC : (021)74630357
WA : 0813-2832-0175
IG : @rumahcerdas.id
Fb : Rumah Cerdas Indonesia
www.rumahcerdas.or.id




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gemilang Ramadhan 1438H "Berbagi cinta dan kebahagian

Selamat Datang di Miftahudin.Id

IPEH, SANG JAGOAN MENGHAFAL